Selasa, 01 November 2011

terkuaknya sesuatu hal

kemaren gue sama Nova pergi ke Senen untuk membeli peralatan dan perlengkapan MBT. ngubek-ngubek Senen, akhirnya kita berhenti di sebuah toko peralatan ABRI. yang jual alat" seorang pria. gue sm Nova nanya "bang, ada parafin ga?"
"ada" sambil mengambil parafin. "ini"
"berapa harga bang?"
"7ribu"
"ah mahal. goceng ya, ngambil 2 nih. baik, rejeki banyak"
sang abangnya cuma senyum" dan mengiyakan.
"kalo pluitan?"
"5ribu"
"kemahalan bang. 5ribu 2". abangnya mengiyakan lagi. "bang kalo topinya?"
"15ribu"
"daritadi mahal-mahal amat, 10rb". abangnya iya lagi.
"victorinoc berapaan?"
"70rb" dan kali ini gue dan Nova gak berani berkomentar. diam.
total 25ribu. gue rasa itu aja sih yang murah dan emang penting. gue dan Nova pun sepakat untuk menyindir" si Y di matrapa esok hari.
"gue suka deh sm tuh abang, nurutan, ga banyak omong". kata Nova. menurut gue itu abang diem ada 2 hal. pertama, males juga tawar menawar harga kelamaan apalagi macem orang ky gue sm Nova. yang kedua, mungkin emang bawaan lahir abangnya ky gitu.
kita masih menjelajah Senen buat nyari flanel dan celana lapangan. asli pengap banget masuk situ. varian tipe dan model sih banyak, murah pula. tapi ga pake nyiksa bisa kali. eh ketemu deh toko yg jual flanel agak panjangan. 25ribuan !!!!
murah meriah euy. tapi resikonya, itu baju harus gue rendem pake sabun berapa lama?? tau lah namanya juga barang Senen. eh api ini gak buruk loh. masih bagus. iyalah gue yg milih tp tetep, barang Senen !!!
muter kemana kemari ketemulah satu penjual yg menjajakan barangnya. nyari" malah dapet baju kodok ala montir. bagus sih emang dan Nova beli itu. hanya (bukan sekadar cuma)) 20ribu. fantastis. gue juga mau, yg pendek warna hitam, tapi duit ga mendukung.
"udah ketemu nih va, mau kemana lagi kita"
"ke sevel yu"
"ayo aja gue mah. mending ke pasar rayanya dulu yu, ngadem"
saat masuk pasar raya, huaaa adem benerrr. serasa menghirup hembusan napas gue yang menyegarkan. kita muter-muter lagi, nyari cariel. ketemu carielnya tapi yang 50L. nyari lagi gak ketemu. keluarlah dr situ nyari yang di sebelah terminal. nyari nyari nyari "ih bagus carielnya" kompakan.
carielnya berwarna kuning, biru muda, dan abu". "bagus va. bu, ini harganya berapa?"
"270an" diem.
padahal itu 50L. kalo 60L gue sama Nova mau beli tp tetep, tawar menawar harga. rencananya gue sm Nova mau beli samaan. biar unyu gitu. gak jadi kita beli itu cariel dan kita langsung cus ke sevel salemba.
"shel, gue ada kupon nih tp kopi"
"gapapalah". setelah dilihat, yahh yg small. bikin jigong doang, ga nyampe lambung. saat mau ngambil slurpe, mesinnya lagi error. grrr. ngambil big pulp deh kita. dan inilah awal kegilaan Nova.
tombol mirinda, pepsi blue, nestea apel, fanta, ditekan semua.
"va, asli lu gila. rasa apa itu minuman"
"eksperimen". saat Nova mau milih tombol ice, segala rasa minuman itu tumpah...kita saling liat"an dan pegawainya ngeliatin kita.
"yah maaf mas gak sengaja" Nova pasang muka memelas
"ga papa ko mba. ambil lagi aja" kata pegawainya
"va, gemana nih. tumpah parah"
"ga tau juga"
sang karyawannya pun memanggil petugas kebersihannya "bersihin itu ya"
"masya Allah!!!!"kata petugasnya
"yah maaf bener deh mas. ga sengaja"
"gapapa mba" kt si petugas. gue dan Nova ngambil lagi dg menambahkan beberapa varian rasa dan warna ke dalam cup bigpulpnya. saat di kasir, kata kasirnya "kotorin lagi aja mba, biar dia ada kerjaan"
"kasian tau mas"
saat Nova memesan chicken katsu, gue liat ko minumannya sedikit berkurang dan di bawah cupnya ada genangan air
"va, bocor!!" langsung gue ke tempat asal muasal racikan minuman itu dibuat dan mengganti dg cup baru. gak mau rugi gue tambahin fanta dan nestea lagi. selesai bayar, kita nyari tempat untuk duduk.
"va, lo cobain itu minuman dulu". glekk glekk
"sumpah shel, 'freak' abis"
"asli? parah lo va" gue cobain itu minuman dan emang rasanya gak karuan. "banyak ini va"
"lanjutlah, gak munkin juga kita buang". beberapa menit kemudian gue minum lagi
"va, jadi rasa root beer"
"coba. eh iya. hahahaha lumayanlah"
jalan ke Senen, nongkrong, gak terasa ternyata udah 4jam kita menjelajah. pulanglah kita ke rumah masing". oiya, Nova gak bayar tarif bis patas lohh.

Hari ini, gue dan Nova pun nyindir" si Y masalah harga. di itung" dia korup banyak banget. asli gue gak terima dan gak rela uang gue dia pake. demen deh gue dia cacingan 'makan' tuh duit korup. dia egoisnya minta ampun. kalo dia ngajak ribut, bukannya gue takut tapi kalo gue dan Nova diem toh orang" akan tau mana yg bener dan mana yg salah.
hari ini pula matrapa bakti sosial loh. nyumbang dana, materi, dan nyari dana juga buat ngebantu kawan" kita yg kena musibah kebakaran di Prumpung. gue gak nyangka ternyata tumpukan kardus di atas lemari matrapa ternyata beberapa materi yang telah disiapkan dari kapan tau untuk baksos atau ada bencana dadakan. ih so sweet banget >,<
kata ka ita "de, bukannya apa ya tp yg ky begini emang cuma matrapa"
"seriusan ka? ukm lain ga ada?"
"ga ada. kita doang yg udah siap sedia dan nyari dana ky gini" uuu makin speechless
saat gue dan anak" lain berpencar nyari sumbangan, gue kedapetan sm Nova. kita naik ke setiap lantai. betapa miris hati gue begitu tau ternyata dari sekian banyak orang yang kita mintai sumbangan hanya beberapa orang yg nyumbang. dan mereka yang berpenampilan 'wah' cenderung gak ngasih sedikit uang mereka untuk berbagi. apalah arti seribu, 2ribu bagi mereka yg sehari dikasih uang saku sampe 50rb? kesadaran mereka kurang, bahkan minim banget. beberapa dari mereka malah ada yg bilang "yah gak ada duit, yah gak da receh, yah kapan-kapan aja". sedih banget gue sama mereka, udah di kasih hidup sama Tuhan tapi gak punya belas kasih dan hati. mereka gak merasakan rasanya kekurangan. mereka terlalu 'dikipas-kipas' dengan harta dan mereka bangga dengan hal itu? kalo gue pribadi, malu karna itu bukan hasil jerih payah gue melainkan pemberian orangtua. gue dan Nova naik sampai lantai7 dan di lantai itu kita mengeluarkan kekesalan dan uneg" kita sm meraka. bukannya kita maksa, tp kurangnya kesadaran mereka udah terlanjur parah. mereka gak lihat apa banyak orang yg ga punya sampe rela tidur di kuburan cina (depan kampus banget), tinggal di pinggir jalan, gerobak sebagai tempat tidur, dll ? mereka boleh kaya secara materi tp ternyata mereka miskin hati. kasian ya :')

3 komentar:

  1. wew jadi inget masa2 sekolah dlu. btw nice story bner2 seru bacanya kayak baca novel :))

    BalasHapus
  2. wah makasih udah ngasih komentar :)

    BalasHapus
  3. tunggu komentar2 selanjutnya *awas klo blognya engga diapdet :p

    BalasHapus