Minggu, 25 Desember 2011

fans-fans iseng

  Merry Christmas Day!!! hari yang gue nanti-nantikan telah tiba. tapi natal kali ini gak se-wah biasanya, walaupun ada satu peristiwa yang emang gue tunggu dari beberapa hari sebelumnya. namun sayang, ketika momen itu tiba, gak sesuai yang gue harapkan, datar. biarlah mungkin emang bukan 'sesuatu' buat gue. gue mau sedikit cerita tentang 'berkenalan'
  Ternyata banyak cara untuk orang minta kenalan, tapi kebanyakan dari mereka sok gengsi, takut dibilang tebar pesona. menurut gue sih wajar tebar pesona sama kenalan daripada tebar bunga dan gue yakin kenalan lo itu langsung nimpuk lo pake botol menyan. cara kenalan mereka ada yang via sms, telpon, ngomong langsung, sksd, minta dikenalin lewat temen, dll. sering juga gue diajak kenalan sama orang, apalagi pas pulang kuliah, naik Transjakarta. gue sih biasa aja, tp kalo obrolan mereka yang terlalu sok kenal, bertele-tele, dan minta nomor hape, mending gue berdiri deket supir. apa perlu glantungan di pintu ky naik metromini. bermacam-macam cara kenalan yang telah gue sebutkan tadi pernah gue alamin semua. bahkan masih banyak lagi. berikut salah satunya:
 hari ini ada yang sms gue dengan nomor 085780474***. sebenernya sih udah lama nomor itu sms gue. dia sms gini "ny selvy bukan ya?" gue bales, "bukan, ini shelvy. anda?" dia gak bales. oke gue biasa aja. tapi hari ini saat gue cek inbox message, gue liat itu nomor dan nyoba sms dia dengan sms tanpa teks. dia bales "ny siapa" eh, ini orang tulalit kali ya? gue bales "lo duluan yg sms gue"
"lo duluan yg ngirim sms kosong"
"untuk hari ini emang, tp kmaren lo sms gue duluan, nanyain ini nomor gue apa bukan"
"swt"
nah, ketawan kan orang minta kenalan tapi sok jaim. kenalan mah boleh" aja, gak ada yang ngelarang. tapi cara menunjukkan kenalan yang salah dapat mengakibatkan ke-ilfeel-an si korban kenalan. gue akan ngasih tips cara berkenalan yang sopan dan santun:

  1. Lihat penampilan orang yang ingin diajak kenalan terlebih dahulu. jangan langsung tanya nama dan tujuan mau kemana yang ada lo disangka mau nyopet atau memperkosa orang tersebut. jika penampilannya rapi, gunakan tutur kata yang halus dan akhiri dengan senyuman. contoh: "maaf, kalau mau ke blok S naik apa aja ya?" *senyum. ingat, senyum berlebihan membuat korban takut dimangsa Anda. jika penampilan korban berantakan, anda jangan langsung berpikir 'pasti dia kelamaan berkubang', tapi bicara padanya hal-hal sekitar. misal, arah jalan.
  2. Setelah mendapat respon yang baik, lanjutkan dengan obrolan yang ringan. bagi mahasiswa "kuliah jurusan apa" dan bila sudah bekerja  "kerjaan disana menjanjikan?". jangan bertanya akan hal ini "gemana kasus Mesuji? siapa yang bersalah?". si korban akan menganggap lo manusia-demo-salah-tempat.
  3. Jika sudah cukup dekat, barulah lontarkan kata-kata humor, dengan santun dan dengan suara yang tidak menggema.
  4. Ketika berpisah, ucapkan "hati-hati di jalan" atau "semoga bertemu lagi"
  Itu cara efisien untuk berkenalan. Jaga etika dan perilaku anda sebelum memulai. korban akan merasa nyaman dengan anda jika obrolan anda ringan, jelas, dan sesuai keadaan. lihat kondisi dan situasi jika ingin mengajaknya untuk berbincang.
  Sekian dulu karna badan saya gatal digigit nyamuk yang disebabkan sampai saat ini saya belom mandi. ohya, jangan lupa mandi dan harus wangi sebelum ngajak kenalan ;)

2 komentar:

  1. postingan2nya menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif ^_^

    salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  2. thanks sudah membaca dan berkomentar ;)
    sudah di mampiri ko blognya.

    BalasHapus