Senin, 17 Oktober 2011

bahasa pemograman

dBase
Pencipta asli dari dBase adalah C. Wayne Ratliff . Pada tahun 1978, saat bekerja sebagai kontraktor di Jet Propulsion Laboratory , Ratliff menulis sebuah program database yang ia sebut "Vulcan". dBase telah berkembang menjadi bahasa modern yang berorientasi objek yang berjalan pada 32 bit Windows. Hal ini dapat digunakan untuk membangun berbagai macam aplikasi termasuk aplikasi web host pada server Windows, aplikasi Windows klien kaya, dan aplikasi middleware. dBase dapat mengakses mesin database yang paling modern melalui driver ODBC. 

BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code).
BASIC pertama kali dikembangkan pada tahun 1963 oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz yang berasal dari Dartmouth College, untuk mengizinkan akses terhadap komputer bagi para mahasiswa jurusan selain jurusan ilmu eksakta. Pada waktu itu, hampir semua komputer membutuhkan perangkat lunak, dan waktu itu belum ada perangkat lunak yang dijual secara bebas, sehingga hanya orang-orang tertentulah yang dapat menggunakan komputer, yakni para matematikawan dan ilmuwan, karena mereka dapat membangun perangkat lunak sendiri. Bahasa BASIC, setelah diciptakan menjadi menjamur dan banyak dimodifikasi. Bahasa BASIC menjadi bahasa yang paling populer digunakan pada komputer mikro pada akhir tahun 1970-an dan komputer rumahan pada tahun 1980-an.

Clipper 
 sebuah komputer bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak yang awalnya beroperasi terutama di bawah DOS . Meskipun itu adalah bahasa tujuan umum pemrograman yang kuat, hal itu terutama digunakan untuk membuat basis data / program bisnis.  Clipper diciptakan oleh Nantucket Perusahaan dipimpin oleh Barry ReBell (politik) dan Brian Russell (teknis), dan kemudian dijual kepada Computer Associates . GrafX Software berlisensi CA-Clipper pada tahun 2002 dari CA untuk pemasaran dan distribusi yang berkelanjutan.


Visual FoxPro
 bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan "Visual".
Versi terakhir FoxPro (9.0) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan Unix. Visual FoxPro 3.0, versi "Visual" pertama, akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac OS dan Windows, dan versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. Versi terkini Visual FoxPro adalah berdasarkan teknologi COM dan Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak berniat untuk menciptakan versi Microsoft .NET.
Visual basic
Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis perangkat lunak dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atasIBM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).
Visual Basic adalah pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz dari Perguruan Tinggi Dartmouth pada pertengahan tahun 1960-an.Bahasa program tersebut tersusun mirip dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh para programer untuk menulis program-program komputer sederhana yang berfungsi sebagai pembelajaran bagi konsep dasar pemrograman komputer.
Fortran (atau FORTRAN)
Pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dan digunakan dalam bidang sains selama 50 tahun kemudian. Pertama kali bernama FORTRAN yang merupakan singkatan dari Formula Translator/Translation. John W. Backus, yang pertama kali mengembangkan sebuah bahasa pemograman agar lebih efisien ketika diterapkan dalam mainframe komputer IBM 704 mereka.
SQL
awalnya Jhonny Oracle ingin membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan Juni 1970. Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL (Structured English QueryLanguage).
Setelah terbitnya artikel tersebut, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun mengubahnya menjadi SQL. Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R.


COBOL (CO mmon B usiness- O riented L anguage)
merupakan bahasa pemograman yang tertua. Grace Muray Hopper adalah sang penemu pemograman ini. Salah satu tujuan desain COBOL adalah bahwa non-programmer-manajer, supervisor, dan pengguna-bisa membaca dan memahami kode. Inilah sebabnya mengapa COBOL memiliki sintaks seperti bahasa Inggris dan struktural unsur-termasuk: nomina, verba, klausa, kalimat, bagian, dan divisi. Akibatnya, COBOL dianggap oleh setidaknya satu sumber untuk menjadi "The bahasa pemrograman yang paling mudah dibaca, dimengerti dan mendokumentasikan diri yang digunakan saat ini.


Prolog 
merupakan bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.




Python 
dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terakhir yang dikeluarkan CWI adalah 1.2.

Tahun 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus melanjutkan pengembangan Python. Versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6. Tahun 2000, Guido dan para pengembang inti Python pindah ke BeOpen.com

Python mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya; namun tidak dibatasi; pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Salah satu fitur yang tersedia pada python adalah sebagai bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis. Seperti halnya pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, pyhton umumnya digunakan sebagai bahasa skrip meski pada prakteknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks pemanfaatan yang umumnya tidak dilakungan dengan menggunakan bahasa skrip. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

1 komentar: